Kamis, 26 Oktober 2017

komunikasi bisnis



Secara garis besar, komunikasi bisnis didefinisikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan dua atau lebih orang untuk menyampaikan ide, gagasan, atau informasi untuk mencapai tujuan suatu usaha. Secara umum, tujuan komunikasi bisnis adalah untuk membangun serta mengembangkan suatu usaha. Kemampuan pemilik usaha dalam melakukan komunikasi bisnis yang efektif sangatlah penting untuk mencapai tujuan usaha serta menunjang kesuksesan usaha tersebut.
Bentuk komunikasi bisnis yang terjadi dalam dunia bisnis bisa terjadi dalam dua bentuk, yaitu komunikasi bisnis non-verbal dan komunikasi bisnis verbal.
  1. Komunikasi Bisnis Non-Verbal
Komunikasi bisnis non-verbal adalah komunikasi dalam bisnis yang mana komunikasi dilakukan secara langsung oleh kedua belah pihak atau lebih. Komunikasi bisnis dalam bentuk non-verbal bisa dilakukan dengan cara bertatap muka.
  1. Komunikasi Bisnis Verbal
Komunikasi bisnis verbal adalah komunikasi dalam bisnis yang tidak dilakukan secara langsung. Dalam hal ini, pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi bisnis verbal menggunakan media atau perantara seperti surat, telepon, dan media yang lainnya.

Utamanya, komunikasi terjadi karena adanya kebutuhan untuk menyampaikan satu informasi antara orang-orang yang bekerja pada satu organisasi yang sama, dan antara satu organisasi dengan organisasi yang lain. Pada tempat kerja, kemampuan seseorang dalam berkomunikasi menunjukkan kualitas dan luasnya keterampilan berkomunikasinya.
Komunikasi - tulisan, lisan atau bahkan nonverbal – juga digunakan oleh para manajer dalam mengevaluasi kinerja, mengarahkan ataupun memberikan instruksi kepada para staf dan memotivasi mereka. Orang-orang yang bekerja sebagai bagian dari satu tim atau departemen dengan keterampilan komunikasi yang baik sebagaimana pimpinannya umumnya memiliki rasa percaya diri dan lebih berkompeten oleh karena mengerti apa yang mereka lakukan dan apa yang diharapkan dari mereka.  Orang-orang seperti ini akan mampu untuk bekerja sama secara lebih terarah, lebih supportif, serta lebih fleksibel.
Tujuan Komunikasi Bisnis
Semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia memiliki tujuan yang jelas, termasuk komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis memiliki tujuan yang terkait dengan pihak eksternal perusahaan. Oleh karena itu, ada tiga tujuan umum yang bisa dicapai melalui komunikasi bisnis.
  1. Meningkatkan Kepemimpinan Perusahaan
Komunikasi bisnis bisa dikatakan sebagai komunikasi yang “spesial”. Komunikasi dalam dunia bisnis bisa berjalan dengan lancar karena adanya persiapan yang matang. Persiapan ini dilakukan dengan sungguh-sungguh mengingat komunikasi bisnis memiliki kaitan erat dengan keberhasilan visi dan misi perusahaan. Persiapan yang dilakukan sebelum melakukan komunikasi bisnis meliputi menyusun topik yang akan dibahas, memutuskan batasan topik tersebut, memiliki metode penyampaian atau penyajian topik, serta mengomunikasikannya dengan gaya yang baik. Semakin baik proses komunikasi bisnis yang dilakukan, maka semakin meningkat pula integritas perusahaan tersebut. Pemimpin perusahaan atau pemilik usaha memiliki kesan yang baik di mata pihak eksternal karena mampu memimpin perusahaan dengan melakukan komunikasi bisnis yang efektif.
  1. Meningkatkan Hubungan Bisnis yang Baik dengan Pihak Eksternal
Sebuah usaha tidak akan berjalan lancar tanpa adanya campur tangan dari pihak eksternal. Oleh karena itu, kebutuhan akan komunikasi bisnis sangatlah penting. Dengan adanya komunikasi bisnis proses pengenalan usaha dan promosi produk bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, proses komunikasi bisnis menjadi cara untuk mempererat hubungan antara pihak internal perusahaan dengan pihak eksternal perusahaan seperti investor, pemegang saham, konsumen, dan pihak-pihak eksternal yang memiliki peran penting dalam berjalannya suatu usaha.
  1. Meningkatkan Nama Baik Usaha
Tujuan komunikasi bisnis yang lain adalah meningkatkan nama baik dari perusahaan. Komunikasi bisnis yang berjalan secara lancar antara pihak internal perusahaan dengan pihak eksternal perusahaan memiliki efek yang besar bagi perusahaan. Dampak yang paling mudah terlihat dari komunikasi bisnis yang efektif adalah nama baik perusahaan. Nama baik perusahaan akan meningkat dan memiliki kesan yang baik jika komunikasi bisnis berjalan dengan lancar.

Sumber :
https://kudo.co.id/blog/komunikasi-bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar