Secara garis besar, komunikasi
bisnis didefinisikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan dua atau lebih
orang untuk menyampaikan ide, gagasan, atau informasi untuk mencapai tujuan
suatu usaha. Secara umum, tujuan komunikasi bisnis adalah untuk membangun serta
mengembangkan suatu usaha. Kemampuan pemilik usaha dalam melakukan komunikasi
bisnis yang efektif sangatlah penting untuk mencapai tujuan usaha serta
menunjang kesuksesan usaha tersebut.
Bentuk komunikasi bisnis yang
terjadi di
dalam dunia bisnis bisa terjadi dalam dua bentuk, yaitu komunikasi bisnis
non-verbal dan komunikasi bisnis verbal.
- Komunikasi Bisnis Non-Verbal
Komunikasi bisnis non-verbal adalah
komunikasi dalam bisnis yang mana komunikasi dilakukan secara langsung oleh
kedua belah pihak atau lebih. Komunikasi bisnis dalam bentuk non-verbal bisa
dilakukan dengan cara bertatap muka.
- Komunikasi Bisnis Verbal
Komunikasi bisnis verbal adalah
komunikasi dalam bisnis yang tidak dilakukan secara langsung. Dalam hal ini,
pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi bisnis verbal menggunakan media atau
perantara seperti surat, telepon,
dan media yang lainnya.
Utamanya, komunikasi terjadi karena
adanya kebutuhan untuk menyampaikan satu informasi antara orang-orang yang
bekerja pada satu organisasi yang sama, dan antara satu organisasi dengan
organisasi yang lain. Pada tempat kerja, kemampuan seseorang dalam
berkomunikasi menunjukkan kualitas dan luasnya keterampilan berkomunikasinya.
Komunikasi - tulisan, lisan atau bahkan nonverbal – juga digunakan oleh para manajer dalam mengevaluasi kinerja, mengarahkan ataupun memberikan instruksi kepada para staf dan memotivasi mereka. Orang-orang yang bekerja sebagai bagian dari satu tim atau departemen dengan keterampilan komunikasi yang baik sebagaimana pimpinannya umumnya memiliki rasa percaya diri dan lebih berkompeten oleh karena mengerti apa yang mereka lakukan dan apa yang diharapkan dari mereka. Orang-orang seperti ini akan mampu untuk bekerja sama secara lebih terarah, lebih supportif, serta lebih fleksibel.
Komunikasi - tulisan, lisan atau bahkan nonverbal – juga digunakan oleh para manajer dalam mengevaluasi kinerja, mengarahkan ataupun memberikan instruksi kepada para staf dan memotivasi mereka. Orang-orang yang bekerja sebagai bagian dari satu tim atau departemen dengan keterampilan komunikasi yang baik sebagaimana pimpinannya umumnya memiliki rasa percaya diri dan lebih berkompeten oleh karena mengerti apa yang mereka lakukan dan apa yang diharapkan dari mereka. Orang-orang seperti ini akan mampu untuk bekerja sama secara lebih terarah, lebih supportif, serta lebih fleksibel.
Tujuan Komunikasi Bisnis
Semua
kegiatan yang dilakukan oleh manusia memiliki tujuan yang jelas, termasuk
komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis memiliki tujuan yang terkait dengan pihak
eksternal perusahaan. Oleh karena itu, ada tiga tujuan umum yang bisa dicapai
melalui komunikasi bisnis.
- Meningkatkan Kepemimpinan Perusahaan
Komunikasi bisnis bisa dikatakan
sebagai komunikasi yang “spesial”. Komunikasi dalam dunia bisnis bisa berjalan
dengan lancar karena adanya persiapan yang matang. Persiapan ini dilakukan
dengan sungguh-sungguh mengingat komunikasi bisnis memiliki kaitan erat dengan
keberhasilan visi dan misi perusahaan. Persiapan yang dilakukan sebelum
melakukan komunikasi bisnis meliputi menyusun topik yang akan dibahas,
memutuskan batasan topik tersebut, memiliki metode penyampaian atau penyajian
topik, serta mengomunikasikannya dengan gaya yang baik. Semakin baik proses komunikasi
bisnis yang dilakukan, maka semakin meningkat pula integritas perusahaan
tersebut. Pemimpin perusahaan atau pemilik usaha memiliki kesan yang baik di
mata pihak eksternal karena mampu memimpin perusahaan dengan melakukan
komunikasi bisnis yang efektif.
- Meningkatkan Hubungan Bisnis yang Baik dengan Pihak Eksternal
Sebuah usaha tidak akan berjalan
lancar tanpa adanya campur tangan dari pihak eksternal. Oleh karena itu,
kebutuhan akan komunikasi bisnis sangatlah penting. Dengan adanya komunikasi
bisnis proses pengenalan usaha dan promosi produk bisa berjalan dengan lancar.
Selain itu, proses komunikasi bisnis menjadi cara untuk mempererat hubungan
antara pihak internal perusahaan dengan pihak eksternal perusahaan seperti
investor, pemegang saham, konsumen, dan pihak-pihak eksternal yang memiliki
peran penting dalam berjalannya suatu usaha.
- Meningkatkan Nama Baik Usaha
Tujuan komunikasi bisnis yang lain
adalah meningkatkan nama baik dari perusahaan. Komunikasi bisnis yang berjalan
secara lancar antara pihak internal perusahaan dengan pihak eksternal
perusahaan memiliki efek yang besar bagi perusahaan. Dampak yang paling mudah
terlihat dari komunikasi bisnis yang efektif adalah nama baik perusahaan. Nama
baik perusahaan akan meningkat dan memiliki kesan yang baik jika komunikasi
bisnis berjalan dengan lancar.
Sumber :
https://kudo.co.id/blog/komunikasi-bisnis
Sumber :
https://kudo.co.id/blog/komunikasi-bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar